Apa saja sih macam-macam perangkat jaringan?

Perangkat Jaringan

Untuk membangun sebuah jaringan computer dibutuhkan sebuah hardware. Berikut ini adalah beberapa hardware atau perangkat keras yang bisa digunakan pada jaringan komputer :
1.         Komputer server
Server merupakan salah satu perangkat yang sangat penting, karena server merupakan pusat dari jaringan komputer. Semua data penting yang nantinya akan disebarkan melalui jaringan internet semuanya berada padakompute server. Komputer server ini nantinya akan saling terhubung dengan komputer  komputer client, yang dapat mengakses data dari server tersebut. Fungsi utama dari server adalah sebagai database informasi yang nantinya akan dikirimkan dan juga disebarkan oleh jaringan..


2.        HUB
merupakan suatu central connection point pada suatu jaringan, yang berfungsi untuk menerima sinyal dari server atau host dan kemudian mentransmisikannya ke client yang akan membentuk suatu jaringan. Fungsi HUB yaitu membuat jaringan lokal dari beberapa komputer, mentransmisikan jaringan, terutama LAN, penguat sinyal dari suatu jaringan, mempengaruhi proses konektivitas antar jaringan

3.       Switch
Switch hampir sama dengan HUB namun yang membedakan hanya switch mampu membatasi dan juga mengatur jumlah paket data yang ditransmisikan ke dalam komputer client yang terhubung dalam jaringan. Fungsi switch yaitu : Dapat mengatur dan juga membatasi jumlah paket data yang ditransmisikan kepada client, Sebagai central connection point, Dapat berfungsi sebagai repeater, Sebagai splitter atau pemisah antar komputer di dalam suatu jaringan.

4.        Bridge
Bridge merupakan sebuah perangkat yang dapat memperluas jaringan satu ke bentuk jaringan lain yang lebih luas sehingga dapat digunakan pada perangkat lainnya. Sebelum bridge membuat tabel internal secara otomatis, perangkat ini harus mengenali alamat MAC yang berfungsi mentransmisikan sebuah data ke dalam jaringan.

5.        NIC
NIC atau Ethernet card merupakan kartu jaringan yang ditanamnkan pada komputer, yang mana akan membuat sebuh komputer mampu terhubung ke dalam jaringan LAN. Dengan adanya NIC maka setiap komputer bisa saling terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan koneksi kabel namun sepertinya sekarang sudah sedikit yang masih menggunakan perangkat jaringan ini.

1.         Repeater
merupakan perangkat keras jaringan komputer untuk memperkuat sinyal jika digunakan pada jarak yang jauh. Dengan adanya repeater ini jaringan yang tidak terjangkau oleh jarak yang cukup jauh dalam suatu lan, dapat dikembangkan dan di tarik agak jauh dan memperoleh sinyal yang cukup.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Question Configuring Initial Switch Settings

Question Connect a Router to a LAN

Apa itu Topologi Jaringan? Jenis dan Kelemahannya?