Yuk kita mengenal apa saja jenis jaringan komputer

Jenis-jenis Jaringan Komputer
Pada blog ini saya akan menjelaskan tentang 4 jaringan computer PAN, LAN, MAN, DAN WAN. Berikut penjelasannya :

1.

1.       PAN  
     

Apa itu PAN ? PAN atau personal area network adalah  Jenis jaringan komputer yang menghubungan antara dua atau lebih sistem komputer berjarak tidak terlalu jauh. Biasanya Jenis jaringan ini hanya dapat mencangkup jarak sekitar 1 sampai 10 meter saja. Dan alat bantu yang biasanya digunakan untuk menghubungkan jaringan ini berupa Bluetooth ataupun USB. Tipe jenis jaringan ini juga sudah sangat sering kita gunakan, contohnya menghubungkan hp dengan komputer.


2.      LAN 
           

Apa itu LAN ? LAN atau Local Area Network merupakan jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa komputer dalam suatu local area baik itu satu gedung  maupun atau antar gedung yang berjarak sekitar 10 sampai 1000 meter. Saat ini, sebagian besar LAN sudah menggunakan teknologi IEEE 802.3 Ethernet dan dilengkapi perangkat switch dengan kecepatan tranfer data 10, 100, atau 1000 Mbits/ second. Selain itu, ada juga teknologi 802.11b (Wi-fi) yang banyak dipakai untuk membentuk LAN, dimana area yang menyediakan koneksi LAN berteknologi Wi-fi disebut dengan hotspot.. biasanya jaringan LAN digunakan untuk menghubungkan beberapa komputer yang berada di dalam wilayah kecil atau berdekatan. Misalnya jaringan komputer di dalam ruang laboratorium sekolah yang saling terhubung sehingga proses pertukaran data bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.


3.       MAN
      


Apa itu MAN ? MAN atau Metropolitan Area Network adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini bisa mencangkup antara 10.000 hingga 100.000 meter, MAN merupakan sebuah jaringan yang paling tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya. MAN biasanya interkoneksi dengan sejumlah jaringan area lokal (LAN) menggunakan teknologi backbone berkapasitas tinggi, seperti serat- optik link, dan menyediakan layanan up-link untuk jaringan area luas (atau WAN) dan Internet..

4        WAN 
Apa itu WAN? WAN atau Wide Area Network merupakan sebuah jenis jaringan komputer yang luas cakupannya bisa mencapai satu negara hingga satu benua dengan jarak cakupan 100.000 sampai 1.000.000 meter. Jaringan WAN juga bisa diartikan sebagai gabungan dari jaringan LAN dan MAN yang dipisahkan oleh wilayah geografis. Untuk membangun jaringan WAN dibutuhkan media transmisi seperti kabel telepone, fiber optik atau juga bisa menggunakan media satelit. Biaya dibutuhkan untuk membangun jaringan WAN tergolong besar, dan biasanya perusahaan  perusahaan yang ingin membangun jaringan WAN banyak yang menggandeng perusahaan jasa operator telekomunikasi yang menyediakan layanan jaringan. Beberapa perangkat yang perlu disediakan untuk membangun jaringan WAN antara lain modem, router, switch, dan firewal.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Question Configuring Initial Switch Settings

Question Connect a Router to a LAN

Apa itu Topologi Jaringan? Jenis dan Kelemahannya?