Packet Tracer part 1


PACKET TRACER

Packet Tracer adalah simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan computer. Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat lebih memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco. Selanjutnya saya akan menjelaskan tahap pembuatan jaringan komputer sederhana : untuk memmudahkan disini saya akan memberikan link video yang akan membantu anda lebih memahami https://youtu.be/w-yCqSYyWbQ

1.          Tahap pembuatan jaringan komputer sederhana dengan menggunakan 2 buah Laptop
a.      Langkah pertama : klik end device yang berada dibawa pojok kanan. Lalu klik gambar laptop yang berada disebelahnya. Letakkan pada lembar kerja logical. Buatlah dua laptop sejajar secara horizontal jangan lupa beri jarak .untuk kabel


b.      Setelah kita buat, maka langkah selanjutnya adalah mengkoneksi dua buah laptop tersebut dengan menggunakan kabel Cross-Over. Letakan kabel pada laptop 0 pilih fastEthetner() dan lakukan hal yang sama pada laptop 1 jika sudah muncul warna hijau pada kabel itu tandanya kedua laptop sudah terkoneksi.


c.      Langkah selanjutnya adalah mengklik laptop 0 plih menu desktop -> klik IP configuration dan masukan ip address laptop 0. jangan lupa untuk mengklik kolom subnet mask yang dengan secara otomatis mengisi angka subnet. -> close. Lakukan hal yang sama pada laptop 1.



d.      Jika sudah klik laptop 0 pilih deskop -.> run. Maka anda akan melihat tampilan mysql. Langkah selanjutnya anda bisa mengetik ping ip address 1 sebagai contoh : ping 192.168.10.2. jika muncul tampilan seperti ini itu tandanya anda sudah berhasil.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Question Configuring Initial Switch Settings

Question Connect a Router to a LAN

Apa itu Topologi Jaringan? Jenis dan Kelemahannya?