Packet Tracer Part 2



PACKET TRACER

1.         Tahap pembuatan jaringan sederhana dengan menggunakan 5 buah Laptop dan 1 buah switch
     Hampir sama dengan tahap pembuatan jaringan komputer sederhana dengan menggunakan 2 buah Laptop pada blog https://jaringankomputertugasubsi.blogspot.com/2020/05/cara-pembuatan-jaringan-komputer.html yang membedakan kali ini kita menambakah satu buah swich.
a.    Langkah pertama : klik end device yang berada dibawa pojok kanan. Lalu klik gambar laptop yang berada disebelahnya. Letakkan pada lembar kerja logical. Buatlah 5 laptop susun secara rapih

b.      Langkah kedua : klik Network Deviices pilih switch kilik gambar switch. Letakan di tengah seperti gambar.

c.   Langkah ketiga : klik kabel pilih kabel Straigh-Through hungkan setiap laptop pada switch pilih FastEthernet() Sesuai dengan nomor laptop. apabila ingin lebih mudah anda dapat memilih kabel Automatically Chose Connection. Jika sudah saling terhubung seperti ini dan berwarna hijau itu tandanya anda sudah berhasil. 

d.    Langkah keempat : klik laptop plih menu desktop -> klik IP configuration dan masukan ip address laptop 0. jangan lupa untuk mengklik kolom subnet mask yang dengan secara otomatis mengisi angka subnet. -> close. Lakukan hal yang sama pada laptop 4 laptop lainnya.


a.      Langkah kelima : klik laptop 0 pilih deskop -.> run. Maka anda akan melihat tampilan mysql. Langkah selanjutnya anda bisa mengetik ping ip address 1 sebagai contoh : ping 192.168.10.2. jika muncul tampilan seperti ini itu tandanya anda sudah berhasil. Anda juga bisa mencoba pada laptop 2, 3, atau 4. Disni saya hanya akan menampilkan beberapa hasil koneksi saja yang terjadi pada laptop0, laptop2, dan laptop 4.




               Setelah kita berhasil membuat jaringan komputer menggunakan 5 laptop dan 1 switch maka kali ini saya akan mencoba pembuatan jaringan komputer sederhana dengan menggunakan 4 buah Laptop dan 1 buah switch. Langkah yang saya lakukan sama yang membedakan hanya jumlah laptopnya saja. 
.





Dan hasilnya adalah semua laptop masih dapat terkoneksni dengan baik. sekian dari saya. terima kasih. selamat mencoba.. jika anda ingin mencoba pada dua switch anda bisa melihat di blog ini https://jaringankomputertugasubsi.blogspot.com/2020/05/cara-pembuatan-jaringan-komputer_10.html..










Komentar

Postingan populer dari blog ini

Question Configuring Initial Switch Settings

Question Connect a Router to a LAN

Apa itu Topologi Jaringan? Jenis dan Kelemahannya?